8 Wisata Edukasi di Jakarta Cocok untuk Libur Sekolah

Selain bermain, kamu bisa menghabiskan waktu liburan dengan mengajak si kecil ke tempat wisata edukasi di Jakarta. Dijamin tak kalah seru!

8 Wisata Edukasi di Jakarta Cocok untuk Libur Sekolah
Image Source: Jakarta Tourism

Libur sekolah jadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Selain mencoba aneka permainan dan wahana yang seru, waktu ini juga bisa kamu isi dengan mengajak anak mengunjungi wisata edukasi di Jakarta. 

Di tempat wisata ini anak tidak hanya bisa melihat koleksi patuh dan lukisan yang penuh sejarah, tapi juga bermain dengan aneka instalasi interaktif yang disediakan. Wisata edukasi bisa jadi cara efektif untuk menumbuhkan minat anak pada bidang baru yang belum diajarkan di sekolah. 

Kini tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota, karena kamu bisa cek daftar tempat wisata edukasi di Jakarta yang sudah JakartaNotebook rangkum berikut ini.

Wisata Edukasi di Jakarta untuk Libur Sekolah

Mulai dari museum sejarah hingga energi, berikut daftar wisata edukasi di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama si kecil selama libur sekolah.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Image Source: TMII

Taman Mini Indonesia indah atau yang lebih dikenal sebagai TMII adalah salah satu tempat edukasi di Jakarta yang paling luas. Berdiri di lahan seluas 150 hektar, taman ini berisi replika rumah tradisional dari 34 provinsi Indonesia lengkap dengan pakaian, senjata, dan pernak-perniknya. 

Tak hanya itu, TMII juga memiliki banyak museum yang bisa dikunjungi untuk mengasah dan meningkatkan minat anak, mulai dari Museum Transportasi, Museum Minyak & Gas Bumi, Museum Hakka, Museum Komodo, Museum Keprajuritan, dan banyak lainnya. 

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat berada di TMII adalah menonton aneka pertunjukan di Theater IMAX Keong Mas. Setelah selesai bermain dan menonton film, aktivitas wisata bisa ditutup dengan mengajak si kecil menaiki kereta gantung yang melintasi danau berisi replika pulau-pulau di Indonesia.

Alamat: Jl Raya Taman Mini, Jakarta Timur. DKI Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: 06.00-19.00 WIB

Harga Tiket: Rp 35.000

2. Museum Layang-Layang Indonesia 

Museum Layang-Layang Indonesia 
Image Source: Wonderful Indonesia

Jika si kecil suka bermain di luar bersama teman-teman, tempat wisata edukasi satu ini wajib kamu kunjungi. Museum Layang-Layang Indonesia memiliki koleksi layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia hingga dunia. 

Di sini anak bisa melihat aneka desain, model, dan ukuran layang-layang sambil belajar sejarah dibalik munculnya mainan tradisional ini. Kamu juga bisa mengajak mereka untuk mengikuti workshop membuat layang-layang sendiri. 

Museum ini juga menawarkan aneka aktivitas seru lainnya, seperti melukis payung, membuat keramik, hingga membatik. Semakin lengkap dengan adanya The Gift Shop yang bisa jadi tempat untuk membeli oleh-oleh menarik dari pengrajin UMKM.

Alamat: Jalan Haji Kamang No.38 Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia.

Jam Operasional: 09.00-16.00 WIB

Harga Tiket: Rp 20.000 (Anak-Anak) dan Rp 25.000 (Dewasa)

3. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)
Image Source: KCIC

Monumen Nasional atau Monas adalah destinasi wisata edukasi di Jakarta yang wajib dikunjungi bersama si kecil setidaknya sekali seumur hidup. Monumen yang menjadi ikon Kota Jakarta Ini memiliki museum yang berisi gambaran perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari Jepang.

Berwisata sambil belajar dijamin tidak membosankan karena si kecil bisa menonton diorama perjuangan kemerdekaan. Jika mulai bosan, kamu bisa mengajak mengajak anak untuk menaiki puncak Monas dan melihat pemandangan Kota Jakarta menggunakan teropong. Sangat seru, bukan?

Alamat: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: 08.00-22.00 WIB

Harga Tiket: Rp2.000 - Rp15.000

4. Museum Listrik dan Energi Baru

Museum Listrik dan Energi Baru
Image Source: TMII

Apakah si kecil mulai tertarik dengan sains dan ilmu pengetahuan? Jika iya, Museum Listrik dan Energi baru bisa jadi pilihan tempat wisata edukasi di Jakarta untuk dikunjungi. Di musim ini anak bisa belajar tentang proses terbentuknya listrik serta bagaimana tenaga listrik disalurkan  dan digunakan sehari-hari.

Di dalamnya terdapat banyak area dengan alat peraga interaktif yang bisa dicoba oleh anak. Tingkatkan rasa ingin tahunya dengan mengajak mereka mencoba semua alat peraga. Ada juga diorama yang bisa ditonton untuk menambah pengetahuan anak.

Tak hanya belajar, kamu dan anak juga bisa menaiki aneka jenis mobil listrik, motor listrik, hingga menonton theater 5D tentang listrik yang tak kalah seru.

Alamat: Jl Raya Taman Mini, Jakarta Timur. DKI Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: 08.00-15.30 WIB

Harga Tiket: Rp 15.000

5. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Image Source: Wonderful Indonesia

Bergeser ke kawasan Kota Tua, Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta merupakan gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai kantor Wali Kota Batavia pada masa penjajahan Belanda.

Selain arsitekturnya yang cantik. Gedung ini berisi banyak benda peninggalan sejarah, mulai dari lukisan antik, denah Kota Batavia, hingga prasasti dari kerajaan di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1710.

Anak bisa mengenal sejarah bangsa Indonesia serta Kota Batavia sebelum berubah menjadi Kota Jakarta setelah kemerdekaan. Di area luar museum banyak yang menyediakan sepeda yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi kawasan Kota Tua di sore hari.

Alamat: Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: Rp 2.000 (Anak-Anak) dan Rp 5.000 (Dewasa)

Harga Tiket: 09.00-15.00 WIB

6. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Image Source: Google/Jon Jon

Jika si kecil mulai mengenal dan mengerti cara menggunakan uang, Museum Bank Indonesia jadi destinasi wisata edukasi di Jakarta yang harus dikunjungi. Museum ini memiliki koleksi lengkap uang rupiah sejak pertama kali diterbitkan hingga keluaran terbaru.

Di museum ini, kamu juga bisa melihat perkembangan uang di Indonesia sejak masa kerajaan, kolonial, hingga modern. Ada juga miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie alias VOC, kongsi dagang milik Belanda yang sempat menguasai perekonomian Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: 08.00-15.00

Harga Tiket: Rp 5.000

7. Museum Tekstil

Museum Tekstil
Image Source: Museum Tekstil Jakarta

Kembangkan kreativitas anak dengan mengajak mereka mengunjungi tempat wisata edukasi di Jakarta satu ini. Terletak di Jakarta Pusat, Museum Tekstil memiliki lebih dari 2.000 koleksi tekstil dari berbagai daerah di Indonesia. 

Di sini di kecil bisa melihat kain dengan berbagai motif dan warna yang bisa membangkitkan kemampuan artistiknya. Ajak si kecil untuk mencoba aneka baju tradisional dengan menggunakan AI hingga kelas membatik yang seru. Di depan museum juga terdapat taman yang bisa kamu gunakan untuk piknik dan bersantai setelah belajar.

Alamat: Jl. K.S. Tubun No.2-4, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: 09.00-16.00

Harga Tiket: Rp 5.000

8. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala
Image Source: Wonderful Indonesia

Rekomendasi tempat wisata edukasi di Jakarta terakhir yang tak kalah serunya adalah Museum Satria Mandala. Museum ini menyimpan koleksi peralatan TNI yang digunakan untuk melindungi keamanan negara dari masa ke masa. 

Di sini si kecil bisa melihat diorama, senjata, dokumen asli, hingga berbagai jenis kendaraan yang pernah digunakan. Pada bagian tengahnya terdapat taman rumput yang bisa digunakan untuk piknik bersama keluarga.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.14, Jakarta Selatan, Jakarta, Indonesia.

Jam Operasional: 08.00-17.00

Harga Tiket: Rp 2.500 (Anak-Anak) dan Rp 5.000 (Dewasa)

Musim liburan merupakan waktu bagi anak untuk bermain dan melakukan aneka aktivitas menyenangkan yang tidak bisa dilakukan selama sekolah. Maka pastikan kamu memilih tempat wisata edukasi di Jakarta yang sesuai dengan minat mereka, ya!

Buat waktu wisata semakin praktis dan menyenangkan dengan menggunakan aneka perlengkapan traveling, seperti tas lipat travel, alat makan travel, tikar lipat piknik, dan banyak lainnya dengan harga #SudahPastiMurah hanya di JakartaNotebook.