Rekomendasi Wisata Pecinan Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi wisata Pecinan di Jakarta yang wajib dikunjungi saat perayaan Imlek adalah kawasan Pecinan Glodok. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di sini.

Rekomendasi Wisata Pecinan Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi
Image source: Instagram/magnificentjakarta

Menjelang perayaan Imlek, destinasi wisata kuliner khas Tionghoa biasanya banyak menarik masyarakat, dan pecinan adalah salah satu tempat wisata yang biasanya wajib dikunjungi.

Pecinan atau yang juga dikenal dengan Kampung China atau Chinatown merupakan daerah yang mayoritas warganya dihuni oleh masyarakat etnis Tionghoa. Kamu yang tertarik menelusuri sejarah dan ingin mencicipi kuliner yang biasanya hanya ditemui saat perayaan Imlek bisa intip ulasannya di bawah ini.

Pecinan Jakarta Glodok

Salah satu kawasan pecinan di daerah Jakarta yang wajib kamu coba kunjungi adalah Desa Pecinan Glodok yang berada di Kecamatan Taman Sari. Sebagai kawasan pecinan tertua di Jakarta, kamu bisa menemukan beragam hal menarik untuk diulik bersama keluarga dan kerabat.

1. Pancoran Chinatown Point

Pancoran Chinatown Point
Image source: Pancoranchinatown.com

Jika kamu ingin mengulik bangunan klasik nan elegan sambil berbelanja, maka Pancoran Chinatown Point wajib dikunjungi. Tempat yang diresmikan pada tahun 2018 ini surga bagi kamu yang suka berbelanja.

Kamu bisa menemukan beragam barang lokal maupun impor mulai dari pakaian, barang-barang elektronik, aneka makanan, obat, dan lainnya secara grosiran atau eceran di sini.

2. Petak Sembilan

Petak Sembilan
Image source: pasarjaya.co.id

Berada di kawasan pasar Glodok, petak sembilan merupakan area dagang yang cukup padat. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa menemukan banyak sekali penjual makanan dan obat tradisional khas negeri tirai bambu.

Kamu yang suka kuliner makanan unik, wajib mengunjungi area petak sembilan. Di area ini beragam kuliner mulai dari timun laut hingga katak segar bisa ditemukan.

Ingin berburu barang-barang khas Imlek? Kamu bisa dengan mudah menemukannya di petak sembilan, mulai dari lampion, angpao, patung, dan lainnya.

3. Vihara Dharma Bhakti

Vihara Dharma Bhakti
Image source: barat.jakarta.go.id

Berwisata pecinan ke pasar Glodok tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Vihara Dharma Bakti atau Kim Tek Le. Di sini kamu akan menemukan bangunan dengan arsitektur unik yang didominasi warna merah.

Vihara Dharma Bakti merupakan salah satu klenteng tua yang ada di kawasan pecinan Glodok dan biasanya akan sangat ramai dikunjungi pada perayaan Imlek. Selain untuk bersembahyang, vihara ini juga sering jadi tujuan wisata saat pelesiran ke kawasan Glodok.

4. Gang Gloria

Gang Gloria
Image source: Instagram/kopiestakkieglodok

Salah satu area untuk kamu yang ingin berburu kuliner unik dan khas pecinan adalah Gang Gloria. Lokasinya yang tidak jauh dari Vihara Dharma Bakti menjadikan Gang Gloria spot wisata terkenal yang wajib dikunjungi ketika ke Glodok.

Namun, perlu kamu ingat kalau mayoritas makanan yang dijual di daerah ini adalah non halal karena banyak yang mengandung babi. Jika ingin mencari makanan halal yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan di pecinan, kamu bisa berkunjung ke kari "Lam", rujak Shanghai encim, mie kangkung, dan es kopi tak kie.

5. Pantjoran Tea House

Pantjoran Tea House
Image source: Instagram/pantjoran_tea

Panjtoran tea house merupakan kedai teh legendaris di kawasan pecinan Glodok yang sering jadi tujuan wisata. Salah satu daya tarik dari restoran yang berada di Jalan Pancoran Nomor 4-6 adalah eksterior bangunan aslinya, yaitu Apotek Tjung Hwa yang masih dipertahankan hingga kini.

Bangunan ini telah berusia lebih dari ratusan tahun dan tercatat sebagai warisan budaya UNESCO loh. Arsitektur bangunan yang minimalis khas Tiongkok menjadikannya tempat yang nyaman untuk berkumpul dan foto-foto.

Sesuai namanya, Panjtoran tea house menjual aneka jenis teh. Di sini kamu bisa mencoba berbagai menu teh di sini, mulai dari Japanese tea, Chinese tea, English tea, hingga Indonesia tea.

6. Toko Merah

Toko Merah
Image source: Jakarta Old Town- ndonesia-Toursim.com

Untuk kamu yang suka berburu foto untuk upload di sosial media, wajib mengunjungi toko merah yang berada di Kalibesar Timur V. Toko merah yang dulunya dibangun oleh Gubernur Jendral VOV tahun 1703 merupakan gedung Akademi Mariim dan kantor perusahaan Jacobson Van Den Berg yang akhirnya difungsikan sebagai PT Dharmaniaga.

Namun kini, toko merah lebih terkenal sebagai spot foto-foto pengujung yang berpelesiran ke kawasan Glodok.

7. Petak Enam

Petak Enam
Image source: Instagram/petak_enam

Lokasi wisata kuliner lainnya di Glodok yang semi outdoor dengan tempat-tempat foto cantik, yaitu petak enam juga sering jadi tujuan para wisatawan. Di area ini kamu bisa menemukan makanan khas Tiongok, Barat, hingga Nusantara dengan konsep food court.

Petak enam menyuguhkan desain bangunan tua dan dekorasi khas Tionghoa. Beralamat di Kamar Muara, Jakarta Utara, tempat wisata ini mulai beroperasi pukul 10.00-20.00 WIB pada hari biasa dan pukul 08.00-21.00 WIB di akhir pekan.

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke petak enam, karena tempat ini merupakan area terbuka umum yang bisa dikunjungi secara bebas.

Memiliki sejarahnya masing-masing, setiap sudut pecinan Glodok wajib kamu sambangi untuk mengetahui keunikan budaya dan kekayaan kulinernya.

Jadi, sudah tahu tempat yang akan kamu kunjungi saat berwisata ke pecinan Glodok? Saat berkunjung ke pecinan Glodok, jangan lupa membawa perlengkapan pelindung seperti payung, jas hujan, atau topi, untuk melindungi tubuh dari cuaca yang tidak menentu. Kamu bisa menemukan segala perlengkapan tersebut di JakartaNotebook dengan kualitas terbaik dan harga murah pastinya.

Selamat berwisata~~