Yuk Jalan Kaki 30 Menit per Hari! Apa Sih Manfaatnya?

Badan sehat dan hati senang hanya dengan berjalan kaki. Mau coba?

Yuk Jalan Kaki 30 Menit per Hari! Apa Sih Manfaatnya?
Image Source: Unsplash

Hayo, siapa nih yang mau ke warung aja pakai sepeda motor? Pasti banyak dari kita yang sudah nyaman menggunakan motor untuk bepergian, bahkan jarak dekat sekalipun. Padahal, kamu bisa mendapat manfaat hanya dengan berjalan kaki, loh. Selain manfaat kesehatan fisik, jalan kaki juga bisa meningkatkan suasana hati dan stress.

Ketika berjalan kaki, tubuh melepaskan endorfin, yaitu senyawa kimia yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Selain itu, ada banyak beragam manfaat lain hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari. Yuk, kita ulas apa saja sih manfaat dari berjalan kaki?

Manfaat Berjalan Kaki

Tahukah kamu bahwa jalan kaki dikenal sebagai latihan menahan beban? Saat berjalan, kamu akan membawa beban tubuhmu sendiri. Itulah mengapa kamu dapat merasa lelah saat berjalan kaki. Terlepas dari rasa lelahnya, berikut manfaat dari berjalan kaki:

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan paru (jantung dan paru-paru).
  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Mengurangi risiko dan menurunkan kondisi hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, nyeri sendi dan otot, dan diabetes.
  • Tulang menjadi lebih kuat.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.
  • Mengurangi lemak tubuh.

30 Menit Saja

Apple Watch user
Image Source: Unsplash

Jadwal yang padat bukan lagi alasan untuk tidak berolahraga. Dapatkan tubuh yang bugar hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit. Jalan kaki tidak membutuhkan banyak peralatan. Agar semakin nyaman, kamu dapat mengenakan pakaian dan sepatu olahraga.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari berjalan kaki, cobalah berjalan dengan langkah yang cepat. Langkah cepat memungkinkanmu untuk berbicara, tetapi tidak dengan bernyanyi. Kamu juga mungkin akan sedikit terengah-engah.

Aktivitas seperti berjalan mungkin dapat menimbulkan sedikit risiko kesehatan bagi beberapa orang yang mengalami kendala medis. Jika kamu memiliki kondisi dan kendala tersebut, sebaiknya tanyakan kepada doktermu sebelum memulai program olahraga fisik baru.

Tingkatkan Aktivitas

Berjalan kaki 30 menit masih terlalu sulit? Kamu dapat membagi waktu latihan menjadi 3 kali sehari dengan durasi 10 menit. Lakukan latihan kecil secara rutin dan tingkatkan secara bertahap.

Image Source: Unsplash

Aktivitas jalan kaki yang dimasukkan ke dalam gaya hidup sehari-hari juga cara yang cukup efektif. Cara ini dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Misalnya, kamu dapat menggunakan tangga ketimbang lift. Turun dari angkutan umum satu perhentian lebih awal, lalu jalan kaki ke kantor atau rumah. Kegiatan lain yang mudah dilakukan adalah berjalan saat berbelanja.

Jadikan Rutinitas

Cobalah untuk menjadikan aktivitas berjalan sebagai rutinitas. Misalnya, atur kegiatan berjalan pada waktu yang sama setiap hari. Namun, lakukan apa yang paling nyaman bagimu. Karena jam berapapun kamu berjalan, jumlah energi yang dikeluarkan akan tetap sama.

Image Source: Unsplash

Agar lebih bersemangat, kamu dapat mengajak saudara atau teman untuk berjalan kaki bersama. Beberapa orang juga lebih bersemangat dengan menuliskan aktivitas hariannya ke dalam buku.

Satu lagi nih yang bisa membantumu untuk menjadikan jalan kaki sebagai rutinitas. Cobalah ukur langkahmu sepanjang hari menggunakan pedometer. Cara ini dapat memotivasimu untuk bergerak lebih banyak.

***
Meskipun sering diabaikan sebagai bentuk olahraga yang kurang intens, jalan kaki selama 30 menit sehari dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Cobalah menemukan waktu di tengah kesibukanmu untuk berjalan kaki, misalnya saat perjalanan ke kantor atau saat istirahat siang, dan nikmati manfaat positifnya bagi kesehatan.